Ini Bedanya Xiaomi Redmi 5A dengan Redmi 4A



Xiaomi Redmi 5A dijual di Indonesia dengan harga murah meriah, apa bedanya dengan Xiaomi Redmi 4A?
Beberapa waktu lalu, Xiaomi telah meluncurkan smartphone murah terbarunya, yakni Redmi 5A secara resmi untuk pasar Indonesia. Ponsel ini memiliki spesifikasi yang mirip sekali dengan pendahulunya, Redmi 4A yang juga dijual murah. Meski secara sekilas setara, kedua ponsel low-end ini memiliki beberapa perbedaan.
Xiaomi Redmi 5A
Foto: Xiaomi
Desain
Perbedaan secara kasat mata antara Xiaomi Redmi 5A dengan Redmi 4A adalah tampilannya. Redmi 5A memiliki sudut yang lebih tumpul sehingga tampak membulat dibanding Redmi 4A. Di bagian belakang juga terdapat perbedaan mencolok.
Redmi 5A memiliki garis pembatas tepat di bawah kamera  dan di atas speaker bagian bawah. Sedangkan, Redmi 4A punya garis pemisah yang melintas tepat di kamera belakang dan speaker-nya berada di atas pembatas bawah. Bodi Redmi 5A juga diklaim lebih baik karena mengusung material aluminium, sementara Redmi 4A berbahan plastik.
Sistem Operasi
Baik Redmi 5A maupun Redmi 4A, memiliki spesifikasi hardware yang hampir sama persis. Keduanya ditunjang prosesor Snapdragon 425, RAM 2 GB dan internal memory 16 GB. Yang menjadi perbedaan antara dua ponsel yang punya layar berukuran 5 inci ini adalah di sistem operasinya.
Redmi 5A mengusung sistem operasi Android versi Nougat 7.1.2 yang dipercantik dengan tampilan antarmuka terbaru dari Xiaomi, yakni MIUI 9. Sedangkan, Redmi 4A membawa OS Android versi Marshmallow 6.0.1 yang juga dilengkapi tampilan antarmuka yang lebih lawas, MIUI 8.
Xiaomi Redmi 5A
Foto: Xiaomi
Kamera
Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 4A sebenarnya sama-sama dibekali dengan kamera utama beresolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP. Namun, jika diperhatikan lagi, meski resolusi kameranya sama, terdapat perbedaan pada fiturnya.
Kamera belakang Redmi 5A telah dilengkapi phase detection autocofocus (PDAF), sehingga bisa mengunci objek foto secara lebih cepat dan akurat. Berbeda dengan Redmi 4A yang hanya punya fitur autofocus biasa. Kamera selfie Redmi 5A juga punya bukaan lensa sedikit lebih besar, yakni dengan aperture f/2.0. Ini lebih baik dibanding kamera depan Redmi 4A dengan bukaan f/2.2.
Baterai
Perbedaan lain terdapat pada sektor baterai, namun tidak terlalu signifikan. Redmi 4A membawa baterai dengan kapasitas yang lebih besar, yakni 3.120 mAh. Sedangkan, Redmi 5A hanya membawa baterai berkapasitas 3.000 mAh.
Namun, untuk daya tahan baterai, keduanya bisa dibilang setara atau bahkan lebih baik Redmi 5A. Hal ini karena Redmi 5A menjalankan sistem operasi Android dan MIUI terbaru, sehingga pengelolaan konsumsi daya seharusnya bisa lebih optimal dan hemat baterai.
Foto: Xiaomi
Harga
Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 4A sama-sama dijual dengan harga murah meriah. Xiaomi Redmi 4A yang diluncurkan secara resmi di Indonesia adalah versi penyimpanan 32 GB, sehingga harganya lebih mahal, yakni Rp 1,5 juta. Untuk varian Redmi 4A non resmi, harganya hanya Rp 1,2 juta.
Bandingkan dengan harga Redmi 5A yang hanya Rp 999 ribu dan bergaransi resmi. Jadi, jika dilihat dari sisi harga Redmi 5A lebih memikat untuk dibeli, apalagi ini merupakan model baru. Namun, dengan diluncurkannya Redmi 5A, besar kemungkinan harga Redmi 4A bakal diturunkan agar tetap menarik di mata konsumen.

Tidak ada komentar: